Inilah Cara Mengecat Tembok Rumah Baru yang Benar

Apakah ada cara mengecat tembok batu bata yang baru saja selesai di plaster?

Secara khusus sih tidak ada, bedanya dengan tembok lama mungkin harus membersihkan bekas jamur atau kotoran yang bisa merusak warna cat.

Kotoran minyak jika tanpa di bersihkan dahulu, pasti di cat tidak bisa nempel bahkan membuat kotor kuar yang kita pakai.

Hal yang diperhatikan cara mengecat tembok atau dinding rumah yang baru selesai plaster supaya hasilnya bagus.

cara mengecat
hakimhomint.wordpress.com

Plesteran Tembok yang Sempurna.

Emangnya ada pengaruh plesteran dan pengecatan? Begini ceritanya, jika tukang bangunan yang mengerjakan plesteran menghasilkan tembok yang rata tanpa gelombang atau sempurna. Maka nanti setelah selesai pengecatan hasilnya juga bagus, dipandang mata sempurna.

Tapi jika plasteran terlihat gelembung, setelah di cat maka semakin terlihat kurang bagus. Walaupun cat yang di gunakan kualitas terbaik.

Dinding dipastikan kering.

Dinding bata merah yang baru saja selesai di plaster kondisi pasti basah atau lembab. Pastikan kondisi tembok bata ringan itu kering dengan sempurna dengan cara menunggu 28 hari sampai 3 bulan lamanya.

Kondisi basah itu bersifat asam yang dapat merusak kualitas dan ketahanan cat tembok. Dan pastinya dengan lama menunggu anggaran untuk dana ngecat semakin banyak tersedia.

Jangan di Dempul

cara mengecat
dekoruma.com

Kualitas plesteran yang bagus adalah dinding rumah benar benar rata tidak ada gelombang. Dinding bata ringan jika terlihat kurang rata dan di dempul maka nanti kualitas dari hasil pengecatan bisa rusak.

Karena dempul jika mengalami kuaca yang panas bisa menjadi retak, mengakibatkan cat dinding jadi rusak.

Bersihkan dan Haluskan

Tidak beda jauh dengan wajah, dinding rumahpun harus halus dan bersih. Maka hasil pengecatan akan menjadi glowing atau mengkilap.

Pastikan kondisi dinding bersih dan halus dengan cara mengamplas permukaan, dan akan terlihat jika ada retak rambut pada dinding.

Cat kualitas bagus bisa menutup retak rambut pada dinding rumah baru.

Alat untuk Mengecat

Kalau tukang cat sih sudah tahu alat apa yang di perlukan. Tapi kalau mau melakukan pengecatan sendiri, perlu menyiapkan beberapa alat berikut ini.

  1. Kuas , digunakan untuk menyempurnakan bagian yang rumit
  2. Roller, di gunakan untuk permukaan dinding yang luas.
  3. Ember, sebagai tempat cat.
  4. Screen, diletakkan di ember supaya cat pada roller tidak menetes dan cat dinding lebih merata.
  5. Tangga, membantu menjangkau tempet yang tinggi.
cara mengecat
gambar screen cat microgist.blogspot.com

Aduk Cat Dengan Rata

Pastikan Cat tercampur dengan sempurna dengan kekentalan yang merata. Supaya hasilnya tidak belang.

Cara mengecat rumah baru biasanya ada 2 tahap, tahapan dasar dengan campuaran encer dan tahapan kedua dengan campuran cat yang lebih kental.

Tips cara mengecat yang rapi dan bersih dengan menutup permukaan lantai dengan karung goni atau kardus bekas. Memulai mengecat tempat yang luas dan finishing dengan kuas pada tempat yang susah di jangkau roller.

Pastikan cat dasar sudah benar benar kering, selanjutnya baru cat utama yang lebih kental dari cat dasar.

Demikian yang tips yang bisa kami berikan…

Tinggalkan komentar